Saturday, January 1, 2011

Swords

Ketertarikan aneh itu selalu ada.

Iya, kan?

Sudah lama aku tertarik pada senjata, terutama pedang. Well, tombak, pisau, panah dll juga oke, sih, tapi aku paling tertarik pada pedang. Malah aku sampai menjelajahi internet cuma buat ngeliat gambar sama penjelasannya.

Contoh-contoh pedang yang aku tau tuh:
1. Cutlass. Sekilas pedang ini mirip pedang bajak laut, tapi beda. Pedang ini lebih ramping tampilannya. Ujungnya agak melengkung.

2. Pirate sword. Sodaranya cutlass nih. Bentuknya mirip, tapi lebih lebar. Seperti cutlass, ujungnya juga melengkung.

3. Falchion. Pedang ini bentuknya ramping. Ini termasuk pedang satu sisi, karena bagian tajamnya hanya di satu sisi. Bentuknya sejajar di kedua sisi dan pada titik tertentu salah satu sisinya melengkung ke arah sisi lain sampai bertemu.

3. Rapier. Pedang ini punya pelindung tangan. Pedang ini panjang, amat ramping. Biasanya dipakai buat anggar, mungkin? Tapi kalau yang buat anggar biasanya disebut fenching sword, jadi mungkin beda.

4. Kopesh. Ini pedang kecil dari jamannya firaun. Dipakainya di Mesir. Kalau sekarang sih paling cuma buat pajangan di museum.

5. Medieval Sword. Kalau ini bentuknya lebih sederhana, hanya sejajar lalu pada satu titik kedua sisi masuk ke dalam membentuk ujung tajam. Pada gagangnya, pada pedang tertentu (misalnya milik raja) ada ukiran, dihiasi emas, permata dll. Lainnya hanya sederhana, tanpa hiasan, hanya besi dan dibalut kain supaya mudah dipegang, atau mungkin kulit.

Selain lima di atas, masih ada banyak jenis pedang. Pedang Viking, Yunani, dll dsb dst. Mungkin keris juga bisa digolongkan pedang, walau aku menganggapnya lebih seperti belati karena ukurannya lebih kecil.

0 comments:

Post a Comment